b_300_200_16777215_00_images_news_kopi.jpg

Festival Kopi Gayo 2015 direncanakan digelar di Redelong, Kabupaten Bener Meriah selama dua hari, dari 22-23 April 2015 mendatang. Kegiatan tersebut diselenggarkan lembaga Save the Children bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah,

Kegiatan dijadualkan dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Simpang Tiga Redelong dengan peserta dari tiga kabupaten bertetangga di Dataran Tinggi Gayo (DTG), Aceh Tengah, Bener Meriah dan  Gayo Lues, jelas Ketua Panitia Pelaksana, Imran M Ali kepada Serambi, Kamis (26/3). Dia menjelaskan 10 kegiatan terkait kopi akan dipamerkan.

“Kami sudah menggelar rapat koordinasi dengan Bupati Bener Meriah, terkait pelaksanaan festival ini, dimana pemerintah juga memberikan dukungan,” kata Imran M Ali. Dijelaskan, festival mengusung tema: “Menjadikan Kopi Gayo, Sebagai Kopi Terunik di Dunia”.

Disebutkan, festival juga akan diisi dengan kontes kopi arabika dari tiga kabupaten dengan tim juri para Q grader dari Gayo Cupper Team. “Selain kontes, ada juga  beberapa kegiatan lain yang tak kalah menarik, termasuk diantarannya visit (mengunjungi) kebun kopi arabika gayo,” ungkapnya.

Dalam festival ini juga dirangkai dengan kegiatan minum kopi sehat serentak sebanyak 1.500 cangkir. Kemudian, orasi ilmiah tentang tantangan dan keuntungan petani kopi Gayo di ASTA Asean dan Era Globalisasi oleh Dr Ir Surip Mawardi SU dari pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember, Jawa Timur.

“Ada juga talkshow tentang kopi arabika Gayo yang melibatkan sejumlah kalangan yang nantinya menjadi narasumber,” jelas Imran.  Selain itu, kegiatan festival juga akan diramaikan dengan lomba cerdas cermat antar komite kopi Kabupaten Bener Meriah, serta bazar, pameran dan promosi produk kopi Gayo mulai dari hulu hingga ke hilir.

“Menariknya lagi, nanti ada kegiatan minum kopi tempo dulu serta pojok anak tentang kreasi kopi Gayo. Semuan rangkaian ini, akan memeriahkan Festival Kopi Gayo 2015 di Kabupaten Bener Meriah,” paparnya.

Sumber : http://atjehlink.com/festival-kopi-gayo-2015-digelar-di-bener-meriah