b_300_200_16777215_00_images_news_dekranasda-bna.jpg

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banda Aceh bertekad untuk terus mempromosikan produk-produk unggulan para perajin binaannya baik ke tingkat provinsi, nasional hingga manca negara.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Showroom Dekranasda Banda Aceh Iswardani saat ditemui di showroom Dekranasda Balai Kota Banda Aceh. “Saat ini perajin binaan kami sudah ada di sembilan kecamatan,” katanya seraya melayani pengunjung yang datang ke sana, Senin (16/3/2015).

“Selain kami pajang di sini, produk-produk unggulan perajin di Kota Banda Aceh juga kami pajang di showroom Taman Sari dan di lantai II Pasar Aceh,” katanya.

Iswardani menyebutkan, ada tujuh produk unggulan Dekranasda Banda Aceh, yakni kain Batik, Tenun, Bordir,  kerajinan Rotan, Makanan/Kue khas Aceh, produk olahan Kopi dan produk olahan Ikan.

Untuk produk jadi berbahan Batik, Tenun dan Bordir bermotif Aceh yang dipajang di sini antara lain pakainan, mukena dan tas. Sementara dari kerajinan Rotan ada rak dan keranjang. “Untuk produk makanan ada kue Kara, Keu Malinda, Asam Kana, Bolu Ikan (Boi), dan lain-lain.”

“Ada pula Kopi sachet instan, Abon ikan Tuna dan Kerupuk Tiram. Kami juga punya satu produk unggulan yang berhasil meraih penghargaan pada pameran tingkat provinsi beberapa waktu lalu di Sabang, yakni Sere Jahe instan,” sebut Iswardani.

Ia menambahkan, selain kerap dibeli oleh para pegawai yang berkantor di Komplek Balai Kota Banda Aceh, produk-produk tersebut juga diserahkan sebagai cenderamata oleh Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE kepada tamu yang berkunjung ke Banda Aceh, baik tamu dari dalam maupun dari luar negeri.

“Secara otomatis, itu menjadi ajang promosi produk-produk unggulan Kota Banda Aceh ke luar daerah hingga ke manca negara, dan berimbas pula pada peningkatan pendapatan perajin binaan kami,” kata Iswardani yang juga menjabat sebagai Ketua Dharma Wanita DPKAD Banda Aceh ini.

Sumber : http://atjehlink.com/tujuh-produk-unggulan-dekranasda-banda-aceh