b_300_200_16777215_00_images_news_dana.PKHJPG.jpg

Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Banda Aceh mulai menyalurkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2015. Dana PKH tahap I telah disalurkan kepada penerima yakni Keluarga Sangat Miskin (KSM) melalui Kantor Pos Kuta Alam, Sabtu (18/4/2015).

Kepala Dinsosnaker Kota Banda Aceh, Drs Tarmizi Yahya MM, ketika dimintai keterangannya megungkapkan penyaluran dana PKH tahun 2015 telah mengalami perubaan, baik dari sisi data penerima maupun jumlah uang yang diterima KSM dibandingkan tahun sebelumnya.

“Tahun ini datanya telah berubah menjadi 1.442 penerima dari 1.463 penerima tahun lalu. Penyaluran tahap pertama mulai kita salurkan untuk penerima dari Kecamatan Baiturrahman dan Jaya Baru, jadwalnya hari ini,” ungkap Tarmizi Yahya.

Tarmizi mengatakan, dari jumlah secara keseluruhan, penerima dana PKH tahun ini maksimal dapat menerima hingga Rp 3.700.000 per KSM dibanding tahun lalu Rp yang hanya Rp 2.740.000 per KSM. “Sedangkan minimalnya, tahun ini bisa menerima Rp 950.000 di banding tahun lalu Rp 740.000,” katanya.

Katanya lagi, jumlah total dana PKH yang disalurkan untuk tahap I tahun 2015 mencapai Rp 462.591.250 untuk 1.442 KSM dari seluruh Kota Banda Aceh.

“Untuk hari ini (Sabtu) kita salurkan kepada 173 KSM Baiturrahman dan 129 KSM dari Jaya Baru. Sedangkan untuk peserta PKH dari Kecamatan lain, jadwalnya dimulai tanggal 20 sampai dengan 23 April, lokasi penyaluran juga di Kantor Pos Kuta Alam,” tambah Tarmizi.

Dari perbandingan data tahun lalu, terjadi pengurangan jumlah penerima. Menurut Tarmizi, itu artinya ada KSM yang sudah berkurang di Banda Aceh dan dinilai oleh tim pendamping tidak tergolong lagi sebagai keluarga miskin karena tingkat kesejahteraan mereka telah meningkat.

Dijelaskannya, PKH adalah program pemberian uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) atau KSM berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan, dengan melaksanakan kewajiban.

Pesertanya adalah ibu rumah tangga dari keluarga yang terpilih melalui mekanisme pemilihan oleh BPS, sesuai kriteria yang ditetapkan yakni ibu hamil/nifas, memiliki bayi sampai usia prasekolah serta anak usia SD, SMP dan SMA/sederajat. “Besaran bantuan tergantung kondisi masing-masing, jumlah bantuan akan berubah dari waktu ke waktu tergantung kondisi kekinian keluarga tersebut,” jelas dia.

Adapun tujuan PKH untuk meningkatkan akses pendidikan dan kesehatan, khususnya bagi anak-anak KSM. Lalu meningkatkan taraf sosial ekonomi KSM, meningkatkan kualitas kesehatan dan gizi ibu hamil, ibu nifas, anak balita dan anak berusia 5 sampai 7 tahun yang belum masuk SD.

Berikut Jadwal Penyaluran Dana PKH Kota Banda Aceh:

Sabtu, 18 April 2015, disalurkan untuk KSM dari Kecamatan Baiturrahman dan Jaya Baru, lokasi penyaluran loket KPRK Kantor Pos Kuta Alam
Senin, 20 April 2015, disalurkan untuk KSM Kecamatan Kuta Alam dan Syiah Kuala, lokasi penyaluran loket KPRK Kantor Pos Kuta Alam
Selasa, 21 April 2015, disalurkan untuk KSM Kecamatan Bandaraya dan Meuraxa, lokasi penyaluran loket KPRK Kantor Pos Kuta Alam
Rabu, 22 April 2015, disalurkan untuk KSM Kecamatan Ule Kareng, lokasi penyaluran loket KPRK Kantor Pos Kuta Alam
Kamis 23 April 2015, disalurkan untuk KSM Kecamatan Lueng Bata, lokasi penyaluran loket KPRK Kantor Pos Kuta Alam.

 

Sumber : http://atjehlink.com/dinsosnaker-banda-aceh-mulai-salurkan-dana-pkh/